Senin, 22 Januari 2018

HAUL MASYAYIKH MAN 1 KEBUMEN “Bina Diri Bina Generasi Bina Masyarakat Melalui Pendidikan Karakter Sejak Dini”




MAN 1 Kebumen bersama Ikatan Alumni MAN 1 Kebumen (IKAMANSA) menyelenggarakan Haul Masyayikh pada hari Kamis, 18 Januari s.d Sabtu, 20 Januari 2018. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menjalin dan mempererat silaturahmi alumni, membentuk karakter masyarakat yang berakhlakul karimah khususnya peserta didik MAN 1 Kebumen dan mengingat kembali pendirian MAN 1 Kebumen yang telah banyak melahirkan Tokoh Ulama, Pejabat, Pengusaha, Politisi, dan Intelektual Muslim.
Pendirian MAN 1 Kebumen berawal dari Sekolah Persiapan Institut Agama Islam Negeri (SP. IAIN) Sunan Kalijaga di Kebumen yang didirikan oleh para ulama dari Kebumen diantaranya KH. Fatchurrohman (Wonoyoso, Kebumen), KH. Mohammad Affandie (Kauman, Kebumen), KH Sururuddin Wijayakusuma (Kauman, Kebumen), KH. Chanifuddin (Somalangu, Kebumen), KH. Masykur Al Hudry (Kalirejo, Kebumen), KH. Fadlun Haryanto (Kebumen). Pendirian SP. IAIN di Kebumen dikuatkan dengan SK Menteri Agama nomor 51 tahun 1967 tanggal 19 Mei 1967. SP. IAIN berganti nama menjadi MAN 1 Kebumen pada tahun 1978 (SK Menteri Agama nomor 17 tahun 1978 tanggal 16 Maret 1978) yang sekarang berlokasi di jalan Cincin Kota nomor 44 Gemeksekti, Kebumen. Landasan operasional kegiatan MAN 1 Kebumen adalah SKB Menteri Agama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan Menteri Dalam Negeri nomor : 06 tahun 1975, nomor :037/U/1975 dan nomor 36 tahun 1975 tentang Peningkatan dan Mutu Pendidikan pada Madrasah, maka kurikulum yang dipakai pada MAN 1 Kebumen sama dengan kurikulum pada SMA, plus pendidikan keagamaan.
Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam Haul Masyayikh MAN 1 Kebumen di mulai pada hari Kamis 18 Januari 2018, yaitu jalan sehat Civitas Akademika MAN 1 Kebumen dengan rute jalan protokol Kota Kebumen dan bersilaturrahmi salam-salaman dengan jajaran pejabat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen. Seusai jalan sehat acara dengan sema’an Al Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidhil Qur’an Nurul Abror Kebumen, dilanjutkan dengan kegiatan pembacaan tahlil yang ditujukan untuk para pendiri MAN 1 Kebumen dan 2000 arwah dari keluarga para donatur. Pada hari Jum’at 19 Januari 2018, kegiatan di awali dengan Pembukaan oleh Bapak Mahmudin, S.Pd.,M.Ag. dilanjutkan Campus Expo terdiri dari 50 Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta, Konser Musik, Seminar Nasional dengan pembicara Bapak Ahmad Tohari (Sastrawan dan Budayawan), dan Ziarah Pendiri MAN 1 Kebumen.
Puncak acara Haul Masyayikh MAN 1 Kebumen jatuh pada hari Sabtu, 20 Januari 2018 diawali dengan kegiatan Tahlil Kubro bersama Kyai Masrukhin, S.Ag.,M.Pd.I. dilanjutkan dengan Mansa bersholawat dipimpin bersama Gus Alif Mundhir dari Kudus, Habib Haedar Alwi Assegaf dari Purwokerto, dan Mahage Kebumen. Acara inti diawali dengan prakata panitia oleh Davis Rachmat B. selaku Ketua Panitia, dilanjutkan sambutan ketua Ikamansa. Dalam sambutannya, Moh. Nursalim selaku ketua Ikamansa menyampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini tentang program beasiswa dari Ikamansa bagi peserta didik MAN 1 Kebumen yang berprestasi dan berkeinginan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Bapak Mahmudin, S.Pd.,M.Ag. selaku Kepala MAN 1 Kebumen mengucapkan rasa syukur kehadirat Allah SWT dan terima kasih kepada tamu undangan serta para alumni yang menyempatkan hadir disela-sela kesibukannya. Beliau merasa bersyukur sekali MAN 1 Kebumen telah melahirkan tokoh pemimpin seperti Bapak KH. Nasirudin Al Mansyur (Mantan Bupati), KH. Yazid Mahfud (Wakil Bupati Kebumen), dan Drs. H. Bambang Sucipto, M.Pd. (Kakankemenag Purworejo). Dengan adanya kegiatan ini beliau berharap masa kejayaan MAN 1 Kebumen akan bersinar kembali dan akan menjadi madrasahnya calon pemimpin masa depan.
Wakil Bupati Kebumen Bapak H. Yazid Mahfud menyampaikan puji syukur kehadirat Allah SWT, bahwasanya acara ini terselenggara untuk menjalin tali silaturahmi dengan para alumni MAN 1 Kebumen, beliau berharap Ikamansa sebagai wadah alumni MAN 1 Kebumen dapat menjadi organisasi yang mandiri dan terus berkembang dengan dukungan koperasi Ikamansa dan usaha yang telah berjalan seperti Catering Elmansa. Harapan beliau lulusan MAN 1 Kebumen dapat menjadi pemimpin bangsa dan memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat. Acara dilanjutkan dengan Pengajian Akbar dengan pembicara KH. Ahmad Hadidul Fahmi, Lc. dari Pondok Pesantren At Taujieh Al Islamy, Leler, Banyumas, menggantikan Dr. KH. Zuhrul Anam, Lc. yang pada saat itu berhalangan hadir dikarenakan sedang mendampingi KH. Maimun Zubair. Beliau menyampaikan fadhilah Sholawat dan Haul Masyayikh. Acara ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Bapak KH. Nasirudin Al Mansyur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

36 PESERTA DIDIK MAN 1 KEBUMEN MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI

Kebumen, Kamis, 3 Mei 2018 MAN 1 Kebumen melaksanakan wisuda purna siswa terhadap 266 siswa kelas XII tahun 2017/2018, baru-baru ini. ...