Selasa, 17 April 2018

PERINGATAN ISRA’ MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW 1439 H


Dalam rangka memperingati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad Sholallohu Alaihi Wasallam, pada hari Jum'at 13 April 2018 MAN 1 Kebumen mengadakan Mujahadah dan Pengajian Akbar yang dipanitiai oleh organisasi KKI (Kelompok Kajian Islam). Acara tersebut diikuti oleh seluruh keluarga besar MAN 1 Kebumen, baik dari peserta didik kelas 10, 11, maupun 12, tak terkecuali Bapak/Ibu Guru dan Pegawai MAN 1 Kebumen.


Acara dimulai pada pukul 07.00 WIB, seluruh panitia yang bertugas menerima tamu dan daftar hadir di meja kesekretariatan  mulai menempatkan diri, satu persatu peserta didik dan juga Bapak/Ibu Guru serta Pegawai MAN 1 Kebumen berdatangan mengisi absensi kehadiran kemudian mulai memasuki Mushalla Al Kautsar.


Tak lama kemudian shaf-shaf yang semula hampa kini penuh dengan warna warni pelangi yang tak lain berasal dari puluhan warna baju jamaah putra dan putri. Lantunan sholawat yang berasal dari hadroh Syifaul Qolbi pun mulai terdengar dan menyejukkan hati, menambah kerinduan kepada kekasih Allah yaitu Baginda Nabi Agung Muhammad Sholallohu Alaihi Wasallam.


Pukul 08.00 WIB lantunan sholawat berganti dengan suara lantang dari Khoirur Rizal selaku pembawa acara Isra' Mi'raj. Dengan penuh khidmat seluruh jamaah putra maupun putri mengikuti serangkaian acara, diantaranya yaitu sambutan dari kepala Madrasah yang diwakili oleh beliau Bapak Hasyim Asy'ari, S.Pd.,M.Pd., sambutan dari pembina KKI (Kelompok Kajian Islam) yaitu beliau Bapak Muslichudin, S.Ag., dan juga sambutan dari saudara Alip Nur Sokhih selaku ketua panitia.  Acara selanjutnya mujahadah bersama dengan Imam beliau Bapak Kyai Masrukhin, S.Ag.


Selepas mujahadah selesai, pengajian akbar segera dimulai yang diisi oleh beliau Bapak Kyai Nasirudin Al Mansur, yang mana beliau juga adalah alumni dari MAN 1 Kebumen yang pernah menjabat sebagai bupati Kebumen.


Dalam ceramahnya beliau menyampaikan tentang perjalan agung yang dialami Baginda Nabi Agung Muhammad Sholallohu Alaihi Wasallam yang tertera dalam Al Qur'an surat Al Isra, yaitu perjalanan dimana Beliau menerima wahyu untuk melaksanakan sholat wajib 5 waktu. Bapak Kyai Nasirudin pun menjelaskan bahwa pahala sholat jama'ah di masjid 27, di mushalla 25, di masjidil haram 100.000, di masjid nabawi 1000, dan di masjidil aqso 500.


Selama beliau menyampaikan ceramahnya, tak lupa beliau pun melantukan Sholawat untuk Rosululloh Sholallohu Alaihi Wasallam, dan juga tak lupa Sholawat untuk Negeri Indonesia, karena menurut beliau cinta tanah air termasuk bagian dari iman, dan dahulu Rosululloh pun mengajarkan untuk mencintai Tanah air. Tak luput untuk mencairkan suasana khidmat, beliau pun memberi kuis teruntuk seluruh jamaah untuk menerjemahkan QS. Al Isra ayat 1 dan berhadiah uang sejumlah Rp. 50.000. Dan kuis tersebut berhasil dijawab oleh salah satu jamaah putra yaitu Khoirur Rizal. Dan setelah kuis terjawab, acara pun selesai dan ditutup oleh do'a yang dipimpin Bapak Kyai Nasirudin, lalu bermusafahah/bersalam-salaman antar jamaah satu dan yang lain.

Syarifah Zaidah : Kelompok Kajian Islam (KKI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

36 PESERTA DIDIK MAN 1 KEBUMEN MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI

Kebumen, Kamis, 3 Mei 2018 MAN 1 Kebumen melaksanakan wisuda purna siswa terhadap 266 siswa kelas XII tahun 2017/2018, baru-baru ini. ...