Kamis, 07 Juni 2018

PESERTA DIDIK MAN 1 KEBUMEN KELAS X DAN XI IKUTI PESANTREN RAMADHAN 1439 H



 

Dalam rangka mengisi kegiatan amaliyah ramadhan 1439 H, MAN 1 Kebumen sebagai lembaga di bawah naungan Kementerian Agama mengadakan kegiatan Pendidikan Karakter Islami “Pesantren Ramadhan 1439H”. pesantren ramadhan ini diikuti oleh 449 peserta didik yang dilaksanakan menjadi dua kloter dimulai sejak hari Selasa 5 Juni s.d Rabu, 6 Juni 2018 untuk session pertama dengan peserta kelas XI dan hari rabu, 6 Juni s.d Kamis 7 Juni 2018 untuk session kedua dengan peserta kelas X bertempat di Kampus MAN 1 Kebumen.


Bapak H. Mahmudin, S.Pd.,M.Ag. selaku Kepala MAN 1 Kebumen menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk mendidik karakter peserta didik agar menjadi insan yang berakhlakul karimah, mandiri, dan disiplin sebagai bekal saat kembali ke lingkungan masyarakat maupun melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Untuk mendukung semua itu, jenis kegiatan dalam pesantren ramadhan tersebut antara lain buka bersama, sholat wajib dan tarawih berjamaah, kajian keislaman, tadarus Al Qur’an, kuliah shubuh, pengajian akbar, penyaluran zakat fitrah, buka bersama civitas akademika MAN 1 Kebumen dan santunan anak yatim. Sebagai wujud keseriusan dalam pelaksanaan kegiatan pesantren ramadhan, panitia mengundang dan menugaskan tenaga yang kompeten di bidangnya baik dari dalam maupun luar madrasah untuk menjadi pemateri serta penceramah dalam kajian keislaman ataupun pengajian akbar.


Menurut ketua panitia Bapak Muslichudin,S.Ag., pesantren ramadhan ini merupakan suatu program untuk memaknai dari keutamaan Ramadhan. “Sangat disayangkan bila Ramadhan datang dan berlalu meninggalkan kita begitu saja tanpa adanya usaha maksimal dari kita untuk meraihnya dengan melakukan berbagai ibadah dan amal shaleh,” katanya. Antusiasme peserta pesantren ramadhan begitu terasa saat mengikuti materi pengajian akbar yang dipaparkan oleh beliau Bapak H. Mahmudin, S.Pd.,M.Ag. dengan tema “Bahaya radikalisme bagi generasi emas abad 21 di era globalisasi serta majunya informasi dan teknologi”. Tema ini sangat relevan dengan kondisi bangsa saat ini, sehingga peserta pesantren ramadhan semakin menyadari begitu bahayanya kelompok radikal dengan ideologi yang menggerogoti keutuhan NKRI.


Pada kesempatan yang berbahagia tersebut panitia pesantren ramadhan juga mengundang da’i kondang K.H. Miftahudin Zuhri yang merupakan alumni MAN 1 Kebumen untuk mengisi pengajian akbar session yang kedua. Beliau menyampaikan ceramah tentang keutamaan bulan ramadhan untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada para peserta sehingga dapat membentengi diri mereka dari pengaruh negatif.


Kegiatan pesantren ramadhan ini insyaallah diakhiri pada hari kamis dengan pembagian zakat fitrah kepada kaum duafa di sekitar lingkungan MAN 1 Kebumen. Semoga kegiatan positif ini terus berlanjut di masa yang akan datang untuk mewujudkan generasi emas abad 21 sebagai calon pemimpin yang cerdas dan berintegritas, dengan nilai-nilai aqidah ahlussunah wal-jama’ah.



@osmansa.official

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PESERTA DIDIK MAN 1 KEBUMEN KELAS X DAN XI IKUTI PESANTREN RAMADHAN 1439 H

  Dalam rangka mengisi kegiatan amaliyah ramadhan 1439 H, MAN 1 Kebumen sebagai lembaga di bawah naungan Kementerian Agama meng...