Sabtu, 24 Februari 2018

MUJAHADAH DAN SEMINAR PARENTING



Kamis, 22 Februari 2018 MAN 1 Kebumen menyelenggarakan acara mujahadah bersama Wali peserta didik di Mushalla Al Kautsar. Acara ini diselenggarakan dalam rangka do’a bersama  dan memohon dengan sungguh-sungguh kepada Allah SWT untuk mendukung ikhtiar proses belajar mengajar dan mengantarkan peserta didik dalam meraih cita-cita.
Mujahadah bersama wali peserta didik merupakan program tetap madrasah dengan konsep untuk mewujudkan sinergi antara civitas akademika MAN 1 Kebumen dengan wali peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar yang diridhoi Allah SWT. Mujahadah yang berlangsung khusyuk dengan posisi wali berdampingan dengan peserta didik dipimpin oleh Bapak Masrukhin, S.Ag.,M.Pd.I. beliau adalah guru mata pelajaran fikih MAN 1 Kebumen.


Seusai pelaksanaan mujahadah acara dilanjutkan dengan Seminar Parenting dengan tema “Pengasuhan Positif Orang Tua dan Pendampingan Anak di Era Gadget” di Aula MAN 1 Kebumen, dengan pembicara Bapak H. Mahmudin, S.Pd. M.Ag. selaku kepala MAN 1 Kebumen. Seminar ini berjalan dengan menarik, audiens seakan diajak masuk dalam arah pemikiran beliau tentang konsep pendidikan madarasah khususnya MAN 1 Kebumen. Menurut beliau pendidikan yang ideal adalah pendidikan yang seimbang antara agama dan pengetahuan umum, sehingga peserta didik dapat memiliki kecerdasan spiritual dan intelektual. Melihat hal tersebut beliau sangat berharap peran orang tua sebagai wali peserta didik berkenan menyamakan persepsi dengan visi pendidikan madrasah dalam membentuk karakter peserta didik yang berakhlakul karimah dalam menghadapi era globalisasi dan kemajuan teknologi.


Parenting merupakan proses pembelajaran dan pengasuhan interaksi antara orang tua dan anak saat mereka tumbuh berkembang. Dengan menilik hal tersebut, beliau berharap ada kerja sama antara MAN 1 Kebumen selaku penyelenggara pendidikan dengan wali peserta didik dalam mendidik, sehingga pengawasan pendidikan anak baik di lingkungan madrasah dan masyarakat dapat terdeteksi. Perkembangan teknologi seperti laptop, jaringan internet yang luas, aplikasi game, sosial media, serta gadget yang demikian pesat sangat mempengaruhi karakter anak. Peran serta orang tua dalam mengawasi anaknya dalam pergaulan di masyarakat maupun dunia maya sangat mempengaruhi keberhasilan pendidikan dan pembentukan karakter anak karena pendidikan di lingkungan madrasah akan berhasil jika orang tua turut serta membimbing dan mengawasi pergaulan putra-putrinya yang sedang menginjak masa remaja. “Dengan do’a dan ikhtiar melalui pendidikan di lingkungan madrasah dan lingkungan keluarga, semoga peserta didik dapat meraih cita-cita dan dapat meneruskan tongkat estafet generasi alumni MAN 1 Kebumen yang cukup banyak menjadi pemimpin” tutur Bapak H. Mahmudin, S.Pd.,M.Ag. mengakhiri materi seminar.


MAN 1 Kebumen pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada sejumlah sembilan wali peserta didik yang aktif menyelesaikan administrasi putra-putrinya selama menimba ilmu di madrasah yang diserahkan oleh Drs. H. Wasingan, M.Pd. selaku ketua komite. Peran wali kelas sebagai pengganti orang tua peserta didik di lingkungan madrasah sangat berpengaruh dengan keberhasilan prestasi peserta didiknya baik di bidang akademis, non akademis, serta pengelolaan administrasi peserta didik yang diasuhnya dalam menyelesaikan administrasi di madrasah. Bapak H. Mahmudin, S.Pd.,M.Ag. pada kesempatan tersebut memberikan penghargaan kepada Ibu Sri Rejeki Setyorini, S.Pd. selaku wali kelas XI IPS 2 sebagai kelas yang tertib dalam menyelesaikan administrasi peserta didik di MAN 1 Kebumen.


Rangkaian acara yang terakhir adalah taushiyah yang disampaikan Kasi Penma Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, Bapak H. Nasichudin, M.Pd.I. Dalam Taushiyah yang beliau sampaikan bahwa pengaruh gadget seperti game dan sosial media yang mempengaruhi kehidupan remaja harus diimbangi dengan pengawasan dan pola asuh anak dari pendidik di lingkungan madrasah maupun orang tua di lingkungan masyarakat harus sesuai dengan tuntunan agama yaitu Al Qur’an dan Hadits. Dengan tuntunan agama diharapkan anak remaja yang sedang mencari identitas diri tidak terjerumus pada hal-hal negatif seperti pergaulan bebas, narkoba, dan lainnya, pungkas beliau mengakhiri ceramahnya dilanjutkan dengan do’a penutup mengakhiri acara Mujahadah dan Parenting MAN 1 Kebumen.


red.tt.Tim IT Mansa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PESERTA DIDIK MAN 1 KEBUMEN KELAS X DAN XI IKUTI PESANTREN RAMADHAN 1439 H

  Dalam rangka mengisi kegiatan amaliyah ramadhan 1439 H, MAN 1 Kebumen sebagai lembaga di bawah naungan Kementerian Agama meng...